Perhatikan kutipan teks di bawah ini!
Salah satu ciri khas bangsa Amerika adalah kesukaannya membuat peringkat. Apa pun diperingkat. Tidak terkecuali dunia bisnis. Majalah terkenal seperti Fortune atau US News sering menampilkan peringkat perusahaan berdasarkan penjualan, besarnya aset yang dimiliki, atau berdasarkan besarnya tingkat keuntungan. Kedua, iklim kompetisi yang semakin ketat. Jelaslah bahwa membuat peringkat bagi masyarakat Amerika merupakan hal yang biasa.
1. Gagasan utama paragraf di atas adalah ...
a. Pembuatan peringkat dipengaruhi oleh dua faktor
b. Apa pun bisa diperingkat
c. Kebiasaan bisnis bangsa Amerika
d. Bangsa Amerika suka membuat peringkat
Bacalah kutipan dongeng berikut ini!
Mogu memutuskan untuk bermalam di hutan. Ia bersandar di pohon dan jatuh tertidur. Dalam tidurnya, samar-samar Mogu mendengar suara memanggilnya. Mula-mula ia berpikir, itu hanya mimpi. Namun, pada saat ia terbangun, suara itu masih memanggilnya. ”Anak muda, bangunlah! Siapakah engkau? Mengapa kau ada di sini?” Mogu amat bingung. Dari mana suara itu berasal? Ia mencoba melihat ke sekeliling. ”Aku di sini. Aku pohon yang kau sandari!” ujar suara itu lagi. Seketika Mogu menengok. Alangkah terkejutnya ia! Pohon yang disandarinya ternyata memiliki wajah di batangnya.
2. Dongeng di atas dapat ditulis kembali menjadi ....
a. Mogu memutuskan untuk bermalam di hutan. Saat dia menyandarkan badannya pada sebuah batang pohon, dia pun tertidur dan bermimpi. Dalam mimpinya, ia seperti mendengar ada pohon yang bicara.
b. Mogu terkejut karena mendengar ada yang bicara. Ternyata, pohon yang disandarinyalah yang berbicara. Bahkan pohon itu memiliki wajah.
c. Mogu memutuskan untuk bermalam di hutan. Saat dia menyandarkan badannya pada sebuah batang pohon, dia sangat kaget. Ternyata pohon yang disandarinya itu dapat berbicara dan memiliki wajah di batangnya.
d. Mogu yang suka bermalam di hutan menjadi sangat terkejut kaena ada pohon yang bisa bicara dan memiliki wajah di batangnya.
3. Saat mendapat tugas membaca teks UUD 1945, sikap dan cara membaca yang harus diperhatikan adalah ....
a. Tenang dan membaca dengan sedikit santai
b. Bersikap biasa atau apa adanya
c. Khidmat, tenang, tidak gugup, membaca dengan suara yang keras sekali
d. Bersikap tenang, khidmat dan membaca dengan keras, tetapi tidak berteriak agar peserta upacara mendengar
Perhatikan cerita anak berikut untuk soal nomor 6 dan 7
”Mia tidak mau tahu. Mia mau model yang baru, yang ada radio, kamera, dan yang 3G seperti milik Tari,” kata Mia ngotot kepada Mama.
”Ini kan masih bagus, Mia. Kurang bagus apanya? Belum juga setahun Mama belikan, garansinya juga belum habis. Lagian apa manfaatnya beli begituan buat kamu? Kamu kan masih SMP, nanti saja kalau sudah SMA atau kuliah,” balas Mama.
”Mia malu, Ma. Model ginian sudah ketinggalan zaman, sudah kuno dan tidak modif. Ini pantasnya jadi rongsokan atau dibuang saja, itu lebih baik,” Mia membanting HP ke sofa.
Mama tidak tahu harus berkata apa lagi karena Mama merasa penjelasan apa pun akan percuma kalau Mia sudah ngambek, karena permintaan yang dia inginkan tidak dipenuhi.
”Pokoknya Mia minta ganti. Titik!” kata Mia sambil berlari ke kamarnya, lalu membanting daun pintu dengan keras.
4. Berdasarkan cerita di atas, Mia memiliki sifat ..
a. Penurut
b. Sombon
c. Manja
d. Baik hati
5. Realitas kehidupan anak-anak sekarang yang tercermin dalam cerita di atas adalah ...
a. Patuh pada nasihat orang tua
b. Membantah perintah orang tua
c. Ingin tampil beda dari teman-temannya
d. Segala keinginan harus segera dipenuhi
Bacalah kutipan berita berikut ini!
Sidang Pleno yang lalu, berlangsung alot dan memanas. Pernyataan Wakil Ketua KPU, Adnan Buyung Nasution yang dikutip pers, ”Sebaiknya anggota KPU yang tidak menerima hasil pemilu mengundurkan diri,” menyulut konflik. Mereka saling menyalahkan antar anggota KPU.
6. Kesimpulan dari berita tersebut adalah ....
a. Pendapat dari Adnan Buyung Nasution menjadi bahan pertengkaran antar anggota KPU
b. Sidang Pleno menjadi ajang saling menyalahkan setelah adanya pernyataan dari Adnan Buyung Nasution.
c. Para anggota KPU beradu pendapat pada Sidang Pleno
d. Sebaiknya anggota KPU yang tidak menerima hasil pemilu mengundurkan diri adalah pendapat dari Adnan Buyung Nasution.
Bacalah cerita pengalaman berikut!
Liburan kemarin, Aulia mendapat kesempatan berkunjung ke negeri Serambi Mekah, Nangroe Aceh Darussalam. Aulia mengunjungi neneknya yang memang tinggal di sana. Aulia menyempatkan diri mengunjungi daerah yang beberapa tahun lalu tertimpa bencana tsunami. Aulia sangat tidak menyangka, meskipun bencana itu sudah terjadi beberapa tahun lalu, tetapi akibat yang ditimbulkannya sangat luar biasa. Dia sangat bersyukur karena tempat neneknya tinggal, tidak terkena bencana tersebut. Kunjungannya ke negeri itu, begitu membekas dalam hatinya.
7. Pengalaman yang dirasakan oleh Aulia adalah ....
a. Mengagumkan
b. Mengejutkan
c. Menyenangkan
d. Mengharukan
”Ibu duduk santai saja di kursi panjang ini,” ajak Dinah seraya menggandeng lengan ibunya.
”Nah, begitu lebih baik kan? Kakinya diselonjorkan.”
”Bu ... Aku pijiti, ya, Bu, ya?”
Ibu menurut saja. Ia tersenyum menerima perlakuan putrinya.
8. Gambaran kehidupan kutipan cerita tersebut dengan realitas kehidupan yaitu...
a. Seorang anak yang peduli terhadap ibunya.
b. Seorang ibu yang suka menyuruh anaknya untuk memijit.
c. Seorang ibu yang ingin dimanjakan anaknya.
d. Seorang anak yang ingin mengambil hati ibunya.
Perhatikan kutipan pengalaman berikut ini!
Tepatnya hari Rabu, 4 Juni 2008 kurang lebih pukul 06.30 Rani terserempet sepeda motor di pertigaan menuju sekolahnya. Waktu itu, ia bersepeda berjajar dengan teman dari sekolah lain. Tiba-tiba ada sepeda motor masuk di antara sepeda mereka. Sepeda Rani terseret sepeda motor tersebut. Rani terjatuh di jalan raya. Rani merasa malu bercampur sedih.
9. Kalimat yang tepat ditulis Rani dalam buku harian adalah ....
a. Rabu pukul 06.30, aku terserempet sepeda motor yang melewatiku di pertigaan menuju sekolahku. Luar biasa, peristiwa yang sangat mengharukan.
b. Waktu aku bersepeda berjajar dengan temanku tiba-tiba dari belakang masuk sepeda motor dan menyerempet aku dan temanku. Aku terjatuh tertimpa sepeda.
c. Aku terserempet sepeda motor di pertigaan menuju sekolahku dan terjatuh di jalan raya karena aku bersepeda berjajar. Hukuman pelanggaran lalu lintas telah terjadi.
d. Rabu, 4 Juni 2008 pukul 06.30, aku terserempet sepeda motor di pertigaan menuju sekolahku. Aku terjatuh di jalan raya. Wah, malu hatiku waktu teman-teman melihatku berpakaian kotor.
Bacalah cerita pengalaman berikut!
Hari ini aku sangat bangga. Sekolahku berhasil meraih predikat Sekolah Sobat Bumi (SSB) Champion. SSB Champion merupakan salah satu program Pertamina Foundation dalam pelestarian lingkungan hidup. Dalam kompetensi ini, kami berhasil masuk 25 besar dari 56 sekolah. Sekolah kami berhasil meraih predikat ini berkat pembinaan langsung dari para ahli lingkungan.
10. Pencerita pengalaman di atas merasa bangga karena ....
a. Sekolah pencerita meraih predikat Sekolah Sobat Bumi (SSB) Champion
b. Tampil dalam Sekolah Sobat Bumi (SSB) Champion yang diadakan Pertamina
c. Mendapatkan pembinaan dari para ahli lingkungan
d. Berhasil masuk 25 besar dari 56 sekolah dalam SSB Champion
11. Berikut adalah penggalan cerita yang dapat diceritakan dengan ekspresi mencekam adalah ....
a. Esok harinya, kabar menyebar. Kabar itu pun menjadi pembicaraan murid-murid kelas lain. Kebetulan pagi itu, Danan memang belum hadir.
b. Di sebuah desa hiduplah seorang pemuda bernama Danar. Suatu ketika Danar ingin sekali berguru kepada seorang Guru yang sedang bertapa seorang diri di lereng Gunung.
c. Malam, udara sangat dingin, lebih dingin dari malam-malam sebelumnya. Suasana pun tampak sangat sepi, jam menunjukkan angka sepuluh malam.
d. Aku mempunyai dua ekor anjing. Namanya, Moi dan Donal. Aku takut kehilangan mereka karena sangat sayang sama mereka.
12. Dongeng bisa menjadi metode terapi kesehatan bagi anak yang sedang sakit. Dengan dongeng, anak akan muncul harapan untuk
sembuh.
Kata metode dalam paragraf di atas berarti ....
a. Kesimpulan atas suatu masalah
b. Pembahasan suatu masalah
c. Pelaksanaan suatu program
d. Cara kerja yang teratur
13. Paragraf yang dikembangkan dari gagasan umum menuju ke gagasan khusus disebut ....
a. Paragraf Narasi
b. Paragraf Deduktif
c. Paragraf Induktif
d. Paragraf Campuran
14. Paragraf Induktif adalah paragraf yang ....
a. Gagasan utamanya terletak di awal paragraf.
b. Gagasan utamanya terletak di tengah paragraf.
c. Gagasan utamanya terletak di akhir paragraf.
d. Gagasan utamanya terletak di awal paragraf dan ditegaskan di akhir paragraf.
Cermatilah!
AWAS BERBAHAYA
JANGAN MASUK KE LEMBAH
BISA PERGI TAK BISA KEMBALI
15. Penjedaan yang tepat untuk pengumuman di atas adalah ....
a. Awas/ berbahaya/ jangan masuk ke lembah bisa/ pergi tak bisa kembali//
b. Awas berbahaya/ jangan masuk/ ke lembah bisa pergi/ tak bisa kembali//
c. Awas/ berbahaya/ jangan masuk ke lembah/ bisa pergi/ tak bisa kembali//
d. Awas berbahaya/ jangan masuk/ ke lembah bisa/ pergi tak bisa kembali//
Bacalah kutipan dongeng berikut dengan cermat!
Burung gagak yang haus itu hinggap di mulut kendi dan menjulurkan lehernya sedalam mungkin ke dalam mulut kendi. Akan tetapi, walaupun dia telah berusaha sekuat tenaga, paruhnya belum dapat mencapai air. Dia hampir putus asa ketika dia ingat bahwa dia berada di sebuah penggalian. Tiba-tiba, burung gagak kecil ini mendapat ide yang baik.
Ia memungut sebuah batu, membawanya ke kendi, dan menjatuhkannya ke dalam kendi.
Kemudian, dia memungut batu kedua dan ketiga, sampai permukaan air perlahan-lahan naik, sehingga paruhnya dapat mencapai air.
16. Hal menarik yang terdapat dalam kutipan dongeng di atas adalah ....
a. Kecerdikan seekor burung gagak dalam mempertahankan hidupnya
b. Seekor gagak bukanlah hewan yang menakutkan
c. Perjuangan burung gagak dalam mencari makan
d. Tingkah laku seekor burung gagak dalam kehidupan
Perhatikan kutipan teks di bawah ini!
Bencana banjir lumpur akibat jebolnya tanggul Situ Gintung di Tangerang Selatan menimbulkan berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit yang akan timbul sesudah bencana adalah diare, tifus, leptospirosis, dan demam berdarah. Masalah kesehatan pada korban dan masyarakat di sekitar lokasi bencana harus diantisipasi. Beberapa penyakit itu muncul karena lingkungan kotor dan sumber air bersih tercemar lumpur.
17. Gagasan utama paragraf tersebut adalah ...
a. Beberapa penyakit muncul karena lingkungan kotor
b. Masalah kesehatan pada korban harus diperhatikan
c. Bencana banjir lumpur akibat jebolnya tanggul
d. Bencana banjir lumpur menimbulkan berbagai penyakit
Cermatilah kutipan dongeng berikut ini!
Raja Iskandar Zulkarnain merupakan seorang panglima perang yang gagah dan tangguh. Seluruh negeri yang diperanginya selalu menyatakan tunduk dan menyerah. Pedangnya bagaikan memiliki mata, dapat menyerang dan mengarah pada sasaran yang diinginkan.
Seperdelapan bumi telah dikuasai oleh Raja Iskandar Zulkarnain hingga sampai mendekati India. Pada waktu akan menaklukkan negeri itu, suatu malam ia digigit seekor nyamuk. Namun, akibatnya amat fatal, Iskandar Zulkarnain jatuh sakit dan menderita demam hebat. Nyamuk itu ternyata membawa benih penyakit malaria. Sang Raja pun mati. Raja Iskandar Zulkarnain kalah oleh seekor nyamuk.
18. Berikut ini kejadian luar biasa dari petikan dongeng di atas, kecuali ....
a. Seperdelapan bumi telah dikuasai oleh Raja Iskandar Zulkarnain
b. Raja Iskandar Zulkarnain digigit nyamuk ketika akan menyerang India
c. Pedang Raja Iskandar Zulkarnain seperti memiliki mata sehingga dapat menyerang langsung pada sasarannya
d. Raja Iskandar Zulkarnain yang terkenal gagah perkasa kalah oleh seekor nyamuk
Cermatilah kutipan laporan berikut ini!
Hujan deras yang disertai angin kencang kemarin petang (15/6) telah membuat kota Semarang kegelapan. Pasalnya, sejumlah gardu listrik meledak karena terjadi hubungan singkat dan kabel-kabel utama yang bergesekan dengan pohon-pohon di sepanjang jalan. Koresponden yang datang ke beberapa kelurahan mendapat kabar bahwa kejadian tersebut mengakibatkan banyaknya pencurian yang sempat merugikan warga masyarakat.
19. Penggalan di atas berisi unsur-unsur berita seperti di bawah ini, kecuali …
a. Mengapa peristiwa itu terjadi?
b. Kapan peristiwa itu terjadi?
c. Di mana lokasi peristiwa itu?
d. Apa nama peristiwa yang terjadi?
Bacalah kutipan cerita anak berikut ini!
Si Jamin sudah beberapa kali pulang ke rumah membawa uang sedikit. Ia pun dimarahi Inem, istrinya. Si Inem selalu menyalahkan si Jamin. Dikatakannya suaminya kurang pandai dan kurang berani meminta-minta.
Itu memang betul. Si Jamin memang malu berbuat seperti budak-budak peminta sedekah yang lain. Budak-budak yang lain meminta uang dengan beberapa perkataan yang membujuk-bujuk, terkadang berdusta. Mereka tidak mau berhenti meminta dan tiada malu menurut-nurutkan orang, sampai orang itu membagi uang.
20. Komentar yang tepat tentang karakter tokoh si Jamin adalah ....
a. Si Jamin orang penakut karena dia tidak mau meminta-minta pada orang-orang.
b. Si Jamin memiliki harga diri yang tinggi terbukti dia tidak meminta-minta.
c. Si Jamin orang yang malas. Terbukti dia dimarahi karena tidak bisa mendapatkan uang banyak.
d. Si Jamin orang yang tidak penurut. Dia tidak mendengarkan kata-kata orang lain, yaitu kata-kata si Inem.
Bacalah kutipan surat pribadi berikut!
Dian, tahun ini aku bermaksud berlibur ke rumahmu di Yogyakarta. Rencananya pada tanggal 27 Juni 2011. Aku akan naik kereta Senja Utama dan turun di Stasiun Tugu. Kamu mau kan menjemputku? (................)
Sebelumnya, kusampaikan terima kasih atas balasan suratmu.
21. Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat pribadi di atas adalah ....
a. Kuharap kamu dan kakakmu mau menjemputku
b. Semoga orang tuamu sehat selalu, ya!
c. Semoga Tuhan senantiasa bersama kita
d. Kutunggu balasan suratmu, ya!
“Ketika pemiliki rumah sedang bekerja di kantornya, perampok itu menjarah berbagai perhiasan dan benda-benda berharga yang ada di rumah itu.”
22. Dari cuplikan pernyataan berita di atas terkandung informasi yang menjawab pertanyaan ….
a. Siapa pelaku dalam peristiwa itu?, Di mana peristiwa itu terjadi?, dan Bagaimana peristiwa itu terjadi?
b. Kapan peristiwa itu terjadi?, Siapa pelaku dalam peristiwa itu?, dan Peristiwa Apa yang terjadi?
c. Di mana peristiwa itu terjadi?, Siapa pelaku dalam peristiwa itu?, dan Mengapa peristiwa itu terjadi?
d. Mengapa peristiwa itu terjadi?, Di mana peristiwa itu terjadi?, dan Peristiwa Apa yang terjadi?
Cermatilah ilustrasi berikut ini!
Shinta yang hebat,
(....) Aku dan adik-adik serta keluargaku juga sehat selalu. Setelah dua bulan lalu aku pindah ke Jakarta, kamu tidak berkabar sama sekali. Sibuk dengan tugas di sekolah ya? Aku ingin kamu berbagi cerita seperti dulu, mau kan?
23. Kalimat pembuka yang tepat untuk mengawali surat tersebut adalah ....
a. Kuingin kamu dan teman-teman tidak akan melupakanmu.
b. Kuharap kamu dan keluargamu saat ini baik-baik saja.
c. Kukira kabar-kabar kesehatan teman perlu kita sampaikan juga.
d. Kuyakin teman-teman kita masih sering berkomunikasi.
Kutipan dongeng berikut ini untuk soal nomor 33 dan 34!
”Jangan panik, gadis-gadis manis, aku ada di dekat kalian!” Astaga! Ternyata pohon besar itu yang berbicara. Ia tersenyum kepada Riri dan Nena. Sorot matanya bersahabat. ”Tolonglah kami, gadis-gadis kecil. Selamatkan nyawa kami!” Riri dan Nene kembali terkejut. Tak hanya pohon tua itu yang mampu berbicara. Ternyata, burung-burung kecil, kupu-kupu, dan hewan lainnya pun mampu berbicara seperti manusia. ”Aku adalah satu-satunya pohon yang belum ditebang penduduk. Tetapi, mungkin sebentar lagi mereka akan melakukannya. Seperti halnya manusia, kami juga makhluk Tuhan yang punya hak untuk hidup di bumi ini. Coba kalian lihat betapa banyak burung-burung, kupu-kupu, dan hewan-hewan lain yang mencoba bertahan hidup di sini. Hanya kalian yang mampu menyampaikan pesan kami kepada mereka. Tolong katakan jika merawat kami, pasti kami akan melindungi mereka!
24. Hal luar biasa yang terdapat dalam kutipan dongeng di atas adalah ....
a. Tumbuhan dan hewan adalah makhluk Tuhan
b. Pohon dan hewan yang mampu berbicara
c. Pohon dan hewan yang memiliki hak hidup
d. Penebangan hutan secara liar oleh penduduk setempat
25. Berikut ini adalah hikmah yang dapat kita petik dari kutipan dongeng di atas, kecuali ....
a. Hutan harus kita lestarikan, agar keseimbangan alam tetap terjaga.
b. Penebangan pohon secara liar akan berakibat buruk kepada manusia itu sendiri.
c. Pepohonan di hutan memang menjadi tempat berlindung burung.
d. Semua makhluk Tuhan mempunyai hak hidup yang sama di muka bumi ini.
Perhatikan kutipan paragraf berikut ini!
Tumbuh-tumbuhan yang hidup di hutan dan di pegunungan dapat berfungsi untuk melestarikan air, udara, dan tanah. Akar tumbuhan dapat berfungsi sebagai penahan air sehingga tidak akan terjadi banjir dan erosi pada saat hujan deras. Erosi dan banjir menyebabkan lapisan tanah paling atas akan ikut hanyut. Padahal lapisan tanah paling atas adalah yang paling subur. Selain itu, hutan yang rimbun oleh pepohonan dapat menjadi paru-paru dunia. Tumbuh-tumbuhan yang ada di hutan menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida.
26. Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam paragraf di atas adalah ....
a. Apa yang terjadi jika di hutan tidak ada pepohonan?
b. Apa fungsi tumbuh-tumbuhan di hutan?
c. Siapa yang bertanggung jawab terhadap kelestarian hutan?
d. Bagaimana upaya masyarakat untuk melestarikan hutan?
Bacalah cerita pengalaman berikut ini dengan cermat!
Jaket, Oh, Jaket!
Suatu malam, Ibu pergi ke dokter. Biasa, badannya gatal-gatal. Karena udara sangat dingin, Ibu memakai jaket kesayangannya. Beberapa hari kemudian, Ibu kebingungan mencari jaket kesayangannya tersebut. Aku sudah curiga jangan-jangan ketinggalan di rumah Bu Dokter. Tapi, Ibu berkata bahwa itu tidak mungkin. Karena tidak ketemu juga maka peristiwa jaket hilang itu mulai kami lupakan.
Suatu hari, penyakit gatal Ibu kembali lagi. Maka beliau kembali periksa ke rumah Bu Dokter. Namun, baru sampai di teras rumah Bu Dokter, penyakit gatal Ibuku langsung sembuh. Kenapa? Karena beliau menyaksikan jaket kesayangannya teronggok manis dilantai sebagai keset.
27. Hal yang mengesankan dalam penggalam cerita pengalaman tersebut adalah ....
a. Ibu menderita penyakit gatal-gatal
b. Jaket kesayangan Ibu hilang dan sudah menjadi keset di rumah Bu Dokter
c. Karena kedinginan, Ibu memakai jaket
d. Penyakit gatal Ibu langsung sembuh ketika melihat jaket kesayangannya menjadi keset
28. Judul di bawah ini yang dapat dikembangkan menjadi cerita pengalaman yang menyenangkan adalah ....
a. Bekerja Bakti Lingkungan
b. Kemiskinan di Desa Penghasil Emas
c. Bencana Banjir di Desaku
d. Tercebur ke Selokan
Bacalah pengumuman berikut dengan cermat!
Diberitahukan kepada seluruh siswa bahwa sekolah akan mengadakan temu wicara yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 14 April 2007, di aula SMP Kartika.
Demikian pengumuman ini disampaikan untuk dapat ditanggapi sebagaimana semestinya.
29. Pengumuman tersebut belum sempurna karena tidak menginformasikan ....
a. Jam pelaksanaan
b. Hari pelaksanaan
c. Tempat pelaksanaan
d. Tanggal pelaksanaan
30. Pokok-Pokok berita dapat diketahui dengan mengajukan pertanyaan 5W + 1H, yang meliputi ….
a. Apa?, Siapa?, Di mana?, Mengapa?, Apa akibatnya?, dan Kapan?
b. Kapan?, Siapa?, Di mana?, Lalu apa?, Berapa, dan Mengapa?
c. Di mana?, Mengapa?, Apa?, Kapan?, Bagaimana?, dan Siapa?
d. Mengapa?, Kapan?, Di mana?, Siapa?, Berapa?, dan Bagaimana?
Bacalah kutipan cerita anak berikut dengan cermat!
Kemudian, sang ayah berkata, ”Aku serahkan anak perempuanku ini. Dan sebagai gantinya, cabutlah taring dan kukumu yang tajam.” Setelah itu, si Singa yang bodoh berkata, ”Oh! Anak perempuanmu takut, ya. Padahal, walau pun aku lapar berat, aku tak akan memakannya....” Lalu, ia mencabut taring dan kukunya. Untuk meyakinkan hal itu, sang ayah lalu segera memukul singa dengan tongkat dan mengusirnya.
31. Hal yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dari cerita di atas adalah ....
a. Kita harus menyayangi dan melindungi keluarga kita
b. Kita harus cerdik dalam menghadapi setiap ancaman
c. Kita harus waspada terhadap bahaya binatang buas
d. Kita harus bersikap baik terhadap sesama
Sambil memberi penjelasan palsu itu George ogah menepi, seolah-olah hendak memberi jalan pada Ben dan Carlos. Itulah saat yang menentukan. Bisakah kedua penjahat itu dijebak? Ternyata bisa!
32. Watak tokoh George dalam kutipan tersebut adalah ...
a. Pembohong
b. Sopan
c. Penipu
d. Cerdik
Bacalah kutipan pantun berikut!
Pulau Pandan jauh di tengah,
Di balik pulau angsa dua.
Hancur badan dikandung tanah,
(….)
33. Larik yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang tersebut adalah ….
a. Kelak kita berpisah.
b. Semua yang ada tidak berguna.
c. Budi baik terkenang jua.
d. Meski jauh tak bermasalah.
Langkah Korut memang mengundang keprihatinan. Saat dunia risau dengan kekerasan dan perang yang berkecamuk di Irak dan Afganistan, negeri itu bermanuver dan membuat dunia khawatir. Khawatir bila manuver itu memicu pada perang yang lebih memusnahkan karena menggunakan nuklir sebagai senjata pamungkas.
34. Istilah manuver dalam paragraf di atas berarti ....
a. Gerakan yang cepat dalam bidang politik
b. Gerakan cepat dalam latihan militer
c. Gerakan yang tangkas dan cepat dari pasukan dalam perang
d. Latihan perang-perangan oleh militer
Perhatikan kutipan teks di bawah ini
Puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh tata puitika. Bahasa yang padat dan penuh metafora adalah ciri umum dari puisi. Setiap orang dapat menulis puisi dengan berbagai cara dan dapat dilakukan kapan pun. Biasanya seseorang yang yang sedang jatuh cinta lebih mudah menuliskan bait-bait puisi dibandingkan dengan seseorang yang tidak sedang jatuh cinta. Hal ini karena kepekaan hati yang dimiliki setiap orang berbeda.
35. Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
a. Bahasa dalam puisi padat
b. Cara menulis puisi dapat berbagai cara
c. Bahasa dalam puisi penuh metafora
d. Bahasa dalam puisi terikat oleh tata puitika
“Masyarakat Aceh kembali diliputi kepanikan. Gempa berkekuatan 5,4 Skala Richter (SR), mengguncang Kota Sabang, Provinsi Aceh. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.”
36. Unsur-unsur berita yang tidak terdapat pada kutipan berita di atas adalah ….
a. Kapan peristiwa itu terjadi?, Mengapa peristiwa itu terjadi?, Bagaimana peristiwa itu terjadi?
b. Kapan peristiwa itu terjadi?, Siapa yang mengalami peristiwa itu?, Mengapa peristiwa itu terjadi?
c. Peristiwa apa yang terjadi?, Mengapa peristiwa itu terjadi?, Bagaimana peristiwa itu terjadi?
d. Peristiwa apa yang terjadi?, Siapa yang mengalami peristiwa itu?, Berapa korban akibat peristiwa itu?
37. Penjedaan pembacaan teks Pancasila sila keempat yang benar adalah ....
a. Kerakyatan yang dipimpin/ oleh hikmat kebijaksanaan/ dalam permusyawaratan perwakilan//
b. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat/ kebijaksanaan/ dalam permusyawaratan/ perwakilan//
c. Kerakyatan/ yang dipimpin/ oleh hikmat kebijaksanaan/ dalam permusyawaratan perwakilan//
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan/ dalam permusyawaratan perwakilan//
Cermatilah kutipan laporan berikut ini!
Demikian disampaikan anggota Komisi XI DPR, Dradjad H. Wibowo, kepada Kompas, Selasa di Jakarta. Seperti diberitahukan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Burhanuddin serta dua pejabat Bank Indonesia (BI), Oey Hoey dan Rusli Simanjutak sebagai tersangka kasus aliran dana kepada anggota DPR.
38. Unsur berita yang terdapat dalam teks di atas adalah ...
a. Siapa? dan mengapa?
b. Kapan? dan bagaimana?
c. Kapan? dan mengapa?
d. Siapa? dan apa?
Bacalah kutipan cerita berikut ini!
Dengan cemberut, Mimi beranjak ke kamarnya di lantai dua. Ditutupnya pintu dengan keras hingga suaranya berdebum. Mimi merasa kesal kepada mamanya. Mamanya selalu memperlakukannya seperti anak kecil, mengatur kehidupannya hampir di segala bidang.
39. Cerita di atas dapat diceritakan kembali menjadi ....
a. Mimi merasa kesal karena mamanya selalu memperlakukannya seperti anak kecil, bahkan kehidupannya pun diatur oleh mamanya.
b. Mimi tidak mau diatur-atur oleh mamanya. Ia bukan lagi anak kecil. Ia lalu masuk kamar dan tidak mau bicara lagi kepada mamanya.
c. Mimi kesal kepada mamanya. Ia membanting pintu kamarnya dan tidak mau bicara kepada mamanya.
d. Mimi tidak mau diperlakukan seperti anak kecil oleh mamanya. Ia sampai membanting pintu kamarnya.
Perhatikan teks wawancara berikut!
Jurnalis : “Hebat sekali adik ini. Adik berhasil menjadi juara olimpiade matematika tingkat provinsi. “
Siswa : “Terima kasih”
Jurnalis : “Berapa lama adik mempersiapkan diri guna mengikuti olimpiade tersebut?”
Siswa : “Yah, kira-kira setahun.”
Jurnalis : “Hebat sekali adik ini. Adik berhasil menjadi juara olimpiade matematika tingkat provinsi. “
Siswa : “Terima kasih”
Jurnalis : “Berapa lama adik mempersiapkan diri guna mengikuti olimpiade tersebut?”
Siswa : “Yah, kira-kira setahun.”
40. Narasi yang tepat untuk teks wawancara di atas adalah …
a. Seorang pelajar telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika. Persiapan yang dibutuhkan untuk mengikuti lomba tersebut selama setahun.
b. Adik telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika. Persiapan yang Adik butuhkan untuk mengikuti lomba tersebut selama setahun.
c. Seorang Jurnalis menyatakan hebat kepada Adik karena Adik telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika yang dipersiapkan selam atu tahun.
d. Seorang Jurnalis menyatakan hebat kepada Adik. Adik telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika yang dipersiapkan selam satu tahun.
41. “Habat sekali! Adik telah berhasil menjadi juara pertama lomba Olimpiade Matematika.”
Pengubahan kalimat langsung tersebut menjadi kalimat tak langsung yang benar adalah …
Pengubahan kalimat langsung tersebut menjadi kalimat tak langsung yang benar adalah …
a. Jurnalis menyatakan bahwa pelajaran tersebut hebat karena telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika.
b. Jurnalis menanyakan bahwa Adik hebat karena telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika.
c. Jurnalis menyatakan bahwa Adik hebat karena telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika
d. Jurnalis menyatakan hebat bahwa ia telah berhasil menjadi juara pertama Olimpiade Matematika.
42. Ayah mengatakan kepadaku agar berhati-hati ketika mengendarai sepeda motor.
Kalimat langsung yang tepat dari kalimat tersebut adalah …
Kalimat langsung yang tepat dari kalimat tersebut adalah …
a. Ayah berkata; “Kamu harus berhati-hati ketika mengendarai sepeda motor.”
b. Ayah berkata,”Hati-hati ketika mengendarai sepeda motor, Nak.”
c. Ayah berkata: “Kamu hati-hati mengendarai seped motor, Nak.”
d. Ayah berkata “Mengendarai sepeda motor harus hati-hati.”
43. Andri merasa kepanasan dalam ruangan.
Makna imbuhan ke-an pada kata kehujanan adalah…
Makna imbuhan ke-an pada kata kehujanan adalah…
a. Menyatakan mirip
b. Menyatakan hampir
c. Menyatakan keadaan
d. Menyatakan akibat
44. Prian Alfan adalah penulis yang berharap karyanya menginspirasi banyak orang.
Kalimat berimbuhan pe- yang bermakna sama dengan kalimat di atas adalah …
Kalimat berimbuhan pe- yang bermakna sama dengan kalimat di atas adalah …
a. Susi adalah contoh pribadi nan penyabar.
b. Laras mendapatkan peringkat pertama di kelasnya.
c. Andika dikenal sebagai pria yang pemaaf.
d. Sulastri menjadi perawat di RSUD Ciamis.
45. Pergi ke dunia luas anakku sayang
pergi ke hidup bebas
Selama angin masih angin buritan
dan matahari pagi menyinari daun-daun
dalam rimba dan padang hijau
Puisi di atas menggambarkan suasana ....
a. kekaguman c.kesenangan
b. kekecewaan d. Kesedihan
pergi ke hidup bebas
Selama angin masih angin buritan
dan matahari pagi menyinari daun-daun
dalam rimba dan padang hijau
Puisi di atas menggambarkan suasana ....
a. kekaguman c.kesenangan
b. kekecewaan d. Kesedihan
ESAII
1. Apa yang dimaksud dengan cerpen
2. Sebutkan struktur cerpen
3. Apakah yang dimaksud dengan kalimat majemuk
4. Berikan contoh kalimat majemuk dengan menggunakan konjungsi “ , dan , tetapi . melainkan”
5. Buat kalimat aktif transitif dan intransitif masing – masing 2 kalimat
Kunci Jawaban :
(1) D, (2) C, (3) D, (4) C, (5) D, (6) C, (7) D, (8) A, (9) D, (10) A, (11) C, (12) D, (13) B, (14) C, (15) C, (16) A, (17) D, (18) B, (19) D, (20) B, (21) A, (22) B, (23) B, (24) B), (25) B, (26) B, (27) B, (28) A, (29) A, (30) C, (31) B, (32) D, (33) C, (34) A, (35) D, (36) A, (37) A, (38) D, (39) A, (40) A, (41) D, (42) B, (43) D, (44) D, (45) C
(1) D, (2) C, (3) D, (4) C, (5) D, (6) C, (7) D, (8) A, (9) D, (10) A, (11) C, (12) D, (13) B, (14) C, (15) C, (16) A, (17) D, (18) B, (19) D, (20) B, (21) A, (22) B, (23) B, (24) B), (25) B, (26) B, (27) B, (28) A, (29) A, (30) C, (31) B, (32) D, (33) C, (34) A, (35) D, (36) A, (37) A, (38) D, (39) A, (40) A, (41) D, (42) B, (43) D, (44) D, (45) C
Esay
1. Cerpen adalah karangan pendek yang memberikan kesan tunggal dan memusatkan diri pada satu tokoh dalam 1 situasi
2. Orientasi, Konflikasi ,Resolusi
3. Gabungan dua kalimat tunggal / Klausa
4. -diserahkan kepada guru masing 2
5. - diserahkan kepada guru masing 2