Kisi Kisi UKK Bahasa Indonesia K13 Kelas VII 2018


Berikut ini Kisi Kisi UKK Bahasa Indonesia  K13 Kelas VII 2018
 NO.
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR SOAL
1










3.1 Memahami  teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan.
Struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menentukan bagian tertentu struktur teks .
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menentukan kalimat berkonjungsi hubungan akibat.
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menentukan konjungsi antarkalimat.
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menjelaskan rujukan kata.
Disajikan sebuah teks eksplanasi, siswa dapat menentukan kelompok kata (frasa).
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menentukan kelas kata.
2



3.2 Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan.
Membedakan dua teks eksplanasi
Disajikan dua kutipan teks eksplanasi, siswa dapat membedakan penggunaan bahasa kedua kutipan teks tersebut.
3




3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan.
Cara mengidentifikasi kekurangan teks eksplanasi berdasarkan bentuk/struktur.
Disajikan teks eksplanasi, siswa dapat mengidentifikasi kekurangan teks berdasarkan struktur.
4







4.1 Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
Cara menangkap makna teks eksplanasi
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi bacaan.
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menentukan makna sebuah kata.
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menentukan kalimat utama sebuah paragraf.
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menentukan ide pokok paragraf.
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menentukan kalimat definisi.
5



4.2 Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
Cara menyusun teks eksplanasi
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat melengkapi paragraf yang rumpang.
Disajikan beberapa kalimat acak, siswa dapat menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi paragraf yang benar.
6










4.3 Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Cara menelaah dan merevisi teks eksplanasi berdasarkan kebahasaan
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat menelaah kesalahan penulisan ejaan.
Disajikan kalimat, siswa dapat menelaah kesalahan penggunaan tanda baca.
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat merevisi kesalahan penggunaan konjungsi.
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat merevisi kesalahan struktur kalimat hingga menjadi kalimat efektif.
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat merevisi kesalahan penulisan kata tugas (preposisi)
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat merevisi penggunaan kata berimbuhan (me-) yang tepat.
7



4.4 Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan.
Cara meringkas teks eksplanasi
Disajikan teks eksplanasi, siswa dapat menentukan ringkasan teks.
8












3.1 Memahami  teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan.
Struktur dan kebahasaan teks cerpen
Disajikan teks cerpen, siswa dapat menentukan struktur teks bagian tertentu.
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan tema/topik cerita
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan kata sifat.
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menunjukkan kalimat berkonjungsi mengandung hubungan perlawanan.
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menunjukkan jenis kata ganti orang.
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan arti/makna simbol
Disajikan sebuah kalimat tidak langsung, siswa dapat mengubah kalimat tersebut menjadi kalimat langsung.
9




3.2 Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan.
Membedakan dua teks cerpen
Disajikan dua teks cerpen, siswa dapat membedakan konflik cerita.
10





3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan.
Mengidentifikasi kekurangan teks cerpen berdasarkan bentuk/struktur
Disajikan teks cerpen, siswa dapat mengidentifikasi kekurangan teks berdasarkan kebahasaan.
11





















4.1 Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
Menangkap makna teks cerpen
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan watak tokoh dalam cerita.
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan latar cerita.
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan bukti watak tokoh cerita.
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan penyebab konflik cerita.
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan akibat konflik cerita.
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan amanat/ pesan moral dalam cerita.
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan makna tersirat cerpen
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan konflik cerita.
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan latar suasana cerita.
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan makna simbol dalam cerita.
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat memberikan komentar terhadap isi cerita.
12




4.2 Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
Menyusun teks cerpen
Disajikan teks cerpen, siswa dapat melengkapi teks yang rumpang.
13











4.3 Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Menelaah dan merevisi teks cerpen berdasarkan kebahasaan
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat menelaah kesalahan penulisan ejaan.
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat menelaah kesalahan penggunaan tanda baca.
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat merevisi kesalahan penggunaan konjungsi.
Disajikan teks cerpen, siswa dapat merevisi kesalahan struktur kalimat hingga menjadi kalimat efektif.
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat merevisi kesalahan penulisan huruf kapital.
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat merevisi penggunaan simbol.
14
4.4 Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan.
Meringkas teks cerpen
Disajikan teks cerpen, siswa dapat meringkas cerita.







SEJARAH DAN KELEBIHAN VISUAL STUDIO

  SEJARAH VISUAL STUDIO. NET Microsoft Visual Studio merupakan sebuah perangkat lunak lengkap (suite) yang dapat digunakan untuk melakukan...

Popular Posts