Berikut ini Kisi Kisi UKK Bahasa Indonesia K13 Kelas VII 2018
NO. | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR SOAL |
1 | 3.1 Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan. | Struktur dan kebahasaan teks eksplanasi | Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menentukan bagian tertentu struktur teks . |
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menentukan kalimat berkonjungsi hubungan akibat. | |||
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menentukan konjungsi antarkalimat. | |||
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menjelaskan rujukan kata. | |||
Disajikan sebuah teks eksplanasi, siswa dapat menentukan kelompok kata (frasa). | |||
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menentukan kelas kata. | |||
2 | 3.2 Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan. | Membedakan dua teks eksplanasi | Disajikan dua kutipan teks eksplanasi, siswa dapat membedakan penggunaan bahasa kedua kutipan teks tersebut. |
3 | 3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan. | Cara mengidentifikasi kekurangan teks eksplanasi berdasarkan bentuk/struktur. | Disajikan teks eksplanasi, siswa dapat mengidentifikasi kekurangan teks berdasarkan struktur. |
4 | 4.1 Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan | Cara menangkap makna teks eksplanasi | Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi bacaan. |
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menentukan makna sebuah kata. | |||
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menentukan kalimat utama sebuah paragraf. | |||
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menentukan ide pokok paragraf. | |||
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menentukan kalimat definisi. | |||
5 | 4.2 Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan. | Cara menyusun teks eksplanasi | Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat melengkapi paragraf yang rumpang. |
Disajikan beberapa kalimat acak, siswa dapat menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi paragraf yang benar. | |||
6 | 4.3 Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan. | Cara menelaah dan merevisi teks eksplanasi berdasarkan kebahasaan | Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat menelaah kesalahan penulisan ejaan. |
Disajikan kalimat, siswa dapat menelaah kesalahan penggunaan tanda baca. | |||
Disajikan kutipan teks eksplanasi, siswa dapat merevisi kesalahan penggunaan konjungsi. | |||
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat merevisi kesalahan struktur kalimat hingga menjadi kalimat efektif. | |||
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat merevisi kesalahan penulisan kata tugas (preposisi) | |||
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat merevisi penggunaan kata berimbuhan (me-) yang tepat. | |||
7 | 4.4 Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan. | Cara meringkas teks eksplanasi | Disajikan teks eksplanasi, siswa dapat menentukan ringkasan teks. |
8 | 3.1 Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan. | Struktur dan kebahasaan teks cerpen | Disajikan teks cerpen, siswa dapat menentukan struktur teks bagian tertentu. |
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan tema/topik cerita | |||
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan kata sifat. | |||
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menunjukkan kalimat berkonjungsi mengandung hubungan perlawanan. | |||
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menunjukkan jenis kata ganti orang. | |||
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan arti/makna simbol | |||
Disajikan sebuah kalimat tidak langsung, siswa dapat mengubah kalimat tersebut menjadi kalimat langsung. | |||
9 | 3.2 Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan. | Membedakan dua teks cerpen | Disajikan dua teks cerpen, siswa dapat membedakan konflik cerita. |
10 | 3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan. | Mengidentifikasi kekurangan teks cerpen berdasarkan bentuk/struktur | Disajikan teks cerpen, siswa dapat mengidentifikasi kekurangan teks berdasarkan kebahasaan. |
11 | 4.1 Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan | Menangkap makna teks cerpen | Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan watak tokoh dalam cerita. |
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan latar cerita. | |||
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan bukti watak tokoh cerita. | |||
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan penyebab konflik cerita. | |||
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan akibat konflik cerita. | |||
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan amanat/ pesan moral dalam cerita. | |||
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan makna tersirat cerpen | |||
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan konflik cerita. | |||
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan latar suasana cerita. | |||
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat menentukan makna simbol dalam cerita. | |||
Disajikan sebuah teks cerpen, siswa dapat memberikan komentar terhadap isi cerita. | |||
12 | 4.2 Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan. | Menyusun teks cerpen | Disajikan teks cerpen, siswa dapat melengkapi teks yang rumpang. |
13 | 4.3 Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan. | Menelaah dan merevisi teks cerpen berdasarkan kebahasaan | Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat menelaah kesalahan penulisan ejaan. |
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat menelaah kesalahan penggunaan tanda baca. | |||
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat merevisi kesalahan penggunaan konjungsi. | |||
Disajikan teks cerpen, siswa dapat merevisi kesalahan struktur kalimat hingga menjadi kalimat efektif. | |||
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat merevisi kesalahan penulisan huruf kapital. | |||
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat merevisi penggunaan simbol. | |||
14 | 4.4 Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan. | Meringkas teks cerpen | Disajikan teks cerpen, siswa dapat meringkas cerita. |