1.
Pengertian
Pemasaran
Pengertian
pemasaran menurut ahlisecara umum, pemasaran (marketing) dapat diartikan
sebagai cara-cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam menjual produknya.
Selain itu, ada juga yang berpendapat bahwa pengertian pemasaran adalah usaha
promosi atau cara perusahaan dalam mempengaruhi konsumen agar membeli
produknya. Namun, sebenarnya arti dari pemasaran lebih luas dari
pengertian-pengertian tersebut. Pemasaran pertama kali dipelajari sebagai
bidang usaha pada tahun 1902. Pada waktu itu, pemasaran masih disebut sebagai
distribusi barang dan berpangkal pada suatu proses distribusi. Pemasaran
kemudian diartikan sebagai suatu kegiatan usaha untuk mengarahkan aliran barang
dan jasa dari produsen kepada konsumen atau pemakai.
Berikut ini beberapa pendapat para
ahli tentang definisi dari pemasaran :
Menurut
Koller dan Amstrong (2010:46) Pemasaran adalah
proses manajerial yang didalamnya, individu serta kelompok mendapatkan apa yang
mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan saling mempertukarkan
produk-produk dan nilai satu sama lain.
Menurut Prof.
DR. Sofjan Assauri, M.B.A. (2015:5) pemasaran sebagai kegiatan manusia yang
diarahkan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui proses
pertukaran. Berdasarkan pengertian ini pembahasan tentang pemasaran dapat lebih
jelas dan terbatas dalam pembatansan yang tegas, terkait dengan kegiatan
pemasaran yang berlaku universal.
Menurut
William J. Stanton (2011:12) Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan
bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan
mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan, baik kepada
pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Maka dapat disimpulkan bahwa
pemasaran merupakan suatu proses pertukaran produk berupa barang, jasa, dan ide
yang melibatkan dua pihak atau lebih. Pada prakteknya, pemasaran seringkali
dipandang sebagai suatu upaya kreatif, promosi, atau periklanan, distribusi,
dan penjualan. Oleh karenanya, keberhasilan sebuah perusahaan juga seringkali
dikaitkan dengan keberhasilan upaya pemasaran yang dilakukan perusahaan
tersebut. Agar upaya pemasaran dapat dilakukan dengan efektif dan mencapai
sasaran diharapkan, diperlukan perumusan strategi yang benar-benar cermat. Dan
salah satu hal terpenting yang dapat menunjang perumusan strategi pemasaran
tersebut adalah dengan analisa data pemasaran yang baik. Dalam hal ini, data
menjadi hal penting untuk diamati.